Cerita Naura, Mahasiswa Bidikmisi PENS Berkuliah di Kangwon National University, Korea Selatan.

EEPIS Bidikmisi Organization

Cerita Naura, Mahasiswa Bidikmisi PENS Berkuliah di Kangwon National University, Korea Selatan.

Naura Zuhdi Nuzula, mahasiswa bidikmisi (yang sekarang menjadi KIPK) PENS angkatan 2019 Program Studi D4 Teknik Telekomunikasi berhasil meraih salah satu mimpinya untuk merasakan berkuliah di luar negeri. Walau berasal dari keluarga sederhana, tidak menghalanginya untuk bisa menempuh pendidikan semester 7 di Kangwon National University, Korea Selatan dalam program Indonesian International Student Mobility Award (IISMA) edisi vokasi. Dengan adanya bantuan bidikmisi, Naura bersemangat menjalani perkuliahan agar dapat menggapai cita-citanya sesudah menyelesaikan masa studinya.

IISMAVO merupakan program beasiswa yang diadakan oleh Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia untuk membiayai pelajar Indonesia dalam program mobilitas selama satu semester di universitas dan industri terkemuka di luar negeri.

“Dahulu saya pikir untuk bisa ke luar negeri adalah suatu hal yang eksklusif, namun IISMAVO berhasil menghadirkan kesempatan yang sangat sayang untuk dilewatkan bagi saya agar bisa mewujudkan mimpi saya. Hal ini membuat saya sadar bahwa semuanya masih mungkin terjadi bergantung dengan kemauan kita untuk mengambil kesempatan itu”

Melalui program IISMAVO, Naura berkesampatan untuk mengikuti perkuliahan bersama mahasiswa lokal dan internasional di Kangwon National University, dengan dibiayai penuh tanpa harus mengeluarkan biaya. Naura menjelaskan bahwa biaya yang disediakan untuk program ini meliputi biaya perkuliahan, biaya hidup, transportasi, dan juga beberapa keperluan lainnya.

Dalam pengalamannya mengikuti IISMAVO, selain mengikuti perkuliahan reguler, Naura mengunjungi beberapa perusahaan besar di Korea Selatan seperti Hyundai Motor Company, Korean Broadcasting System (KBS), dan Korea East West Power Co., Ltd. Ia merasa bersyukur karena dapat memiliki kesempatan untuk mengobservasi dan mempelajari kebiasaan masyarakat Negeri Ginseng yang memiliki motivasi tinggi itu.

Walau tidak mudah untuk hidup dengan begitu banyak perbedaan budaya dan juga bahasa, Naura menikmati proses beradaptasi dengan lingkungan disana. Menurut Naura penting untuk lebih membuka diri dengan adanya perbedaan tersebut namun juga harus tetap dengan adanya pondasi yang kuat. Naura mengikuti banyak kegiatan kebudayaan selama di Korea Selatan diantaranya adalah Festival Kimchi, dan K-Night International Student dimana ia berkesempatan memperkenalkan kebudayaan Indonesia di kancah Internasional.

“Tips untuk bisa keluar negeri yang pertama kali adalah kuasai bahasa asing, terutama Bahasa Inggris. Belajar Bahasa Inggris bisa dari mana saja, youtube, baca buku, dan sebagainya yang kalian suka. Jika kampus membuka kesempatan kursus persiapan tes Bahasa Inggris ikuti saja.” Tutur Naura.

Naura pun menjelaskan bahwa selain berbahasa inggris tips untuk bisa keluar negeri adalah kepercayaan diri, tunjukkan kemampuan dan kredibilitas bahwa kita mampu untuk bisa menempuh pendidikan di luar negeri dan bersaing dengan mahasiswa Internasional. Ia menambahkan jangan lupa untuk memperbanyak pengalaman dengan mengikuti kegiatan dan perlombaan.

Naura berpesan untuk jangan membatasi diri untuk mengambil kesempatan yang terbuka lebar di depan kita. Ia juga berharap bahwa pengalamannya ini bisa menjadi motivasi bagi mahasiswa bidikmisi lainnya untuk ke luar negeri dan percaya diri untuk meraih mimpinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *