BERKARA 2022

EEPIS Bidikmisi Organization

BERKARA 2022

Pada bulan April 2022, EBIO PENS berhasil menyelenggarakan program kerja tahunan Berkah Ramadhan atau BERKARA dengan bertajuk “Bidikmisi Menebar Warna Keceriaan di Bulan Suci Ramadhan”. Untuk tahun ini BERKARA dilaksanakan selama dua hari berturut-turut, dimana pada tanggal 16 April 2022 EBIO melaksanakan kunjungan bakti sosial dan buka bersama di Panti Asuhan Falasifah, Pakal, Benowo, Surabaya. Kemudian pada hari kedua yaitu 17 April 2022 dilanjutkan dengan Sahur On The Road (SOTR) dengan membagikan makanan untuk sahur kepada fakir miskin yang ada di sekitar Jalan Keputih, Gebang dan Rungkut.

Pada hari pertama, kegiatan diawali dengan pembukaan dan sambutan dari Ketua EBIO 2022 dan perwakilan pengurus Panti Asuhan Falasifah. Kemudian dilanjutkan dengan registrasi peserta dan pembagian kelompok untuk sesi Bidikmisi Challenge dimana peserta akan dipandu langsung oleh panitia untuk melakukan permainan kelompok padu.

Kegiatan berlangsung meriah dengan antusias para peserta dari Panti Asuhan Falasifah untuk memenangkan lomba. Bagi kelompok yang berhasil menjawab dengan benar akan mendapatkan bintang, dimana kelompok yang mendapat bintang paling banyak berhak memenangkan permainan ini.

Setelah sesi Bidikmisi Challenge berakhir, acara dilanjutkan dengan pembagian hadiah kepada pemenang game kelompok padu. Hadiah yang diberikan berupa alat tulis dan buku. Tak hanya pemenang game saja, namun semua peserta yang hadir berkesempatan untuk mendapatkan hadiah karena dari panitia telah menyiapkan hadiah tersebut untuk pemenang sekaligus seluruh peserta. Selesai membagikan hadiah, panitia BERKARA menyerahkan sembako kepada pihak panti dan memberikan santunan kepada anak yatim yang ada di panti asuhan tersebut.

Tak lama kemudian adzan magrib berkumandang, semua panitia BERKARA, peserta dan pengurus panti melaksanakan sholat berjamaah. Setelah itu dilanjutkan dengan buka bersama pada Ruang tengah dan teras panti. Menu buka puasa yang telah disiapkan oleh panitia adalah es blewah, nasi kotak dan gorengan. Semua berbuka puasa dengan bahagia. Setelah semuanya selesai berbuka, panitia dari EBIO segera membersihkan beberapa peralatan kotor dan berpamitan pulang kepada pengurus panti.

Di hari berikutnya yaitu pada tanggal 17 pukul 01.30 WIB dini hari, beberapa panitia BERKARA berkumpul kembali di Majid An-Nahl Kampus PENS untuk melanjutkan agenda Sahur On The Road. Sie konsumsi yang bertugas membeli nasi bungkus dan air mineral untuk dibagikan kepada kaum fakir miskin sekaligus sahur panitia. Makanan yang akan dibagikan sudah dimasukkan ke dalam kresek kecil agar lebih memudahkan panitia saat memberikan makanan tersebut. Setelah semuanya siap, panitia membagi tugas ke beberapa daerah yang berbeda agar tidak memakan waktu terlalu lama. Terdapat 3 team yang bergerah ke daerahnya masing-masing, yaitu di daerah Keputih, Gebang, dan Rungkut.

30 menit berlalu, seluruh panitia pun telah kembali dan berkumpul di teras Masjid An-Nahl untuk sahur bersama. Menu sahur yang dimakan panitia SOTR tidak berbeda dengan yang dibagikan untuk saudara muslim yang membutuhkan sebelumnya, yaitu sama-sama nasi bungkus dan air mineral. Semua panitia menikmati sahurnya masing-masing dengan berbahagia, disambi dengan mengobrol dan bersenda gurau tak terasa waktu imsak sudah tiba. Semua panitia berjabat tangan dan berpamitan untuk pulang ke rumah masing-masing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *